Jumat, 03 Juni 2011

Solusi Masalah Ink Absorber Full pada Printer Canon IP1880


Beberapa hari lalu, saya sempat dipusingkan dengan pop up yang muncul saat mau nge-print, yang berisikan pemberitahuan bahwa Ink Absorber nya nyaris penuh, dan pemberitahuan bila tetap ingin mencetak supaya menekan tombol RESUME yang saat itu berkedip kedip. Rasa cemas spontan mendominasi tingkah, karena saat itu sedang mencetak dokumen yang diperlukan saat itu juga. Dan ternyata setelah ditekan tombolnya, printer bisa mencetak seperti biasa. Alhamdulillah. Tapi pop up itu tetap muncul setiap akan dan selesai melakukan aktivitas print. It's OK lah.. yang penting masih bisa print, apapun yang nongol di depan monitor yang kupandangi saat itu, tidak menjadi masalah.

Rasa tenang yang ada ternyata ngak lama, selang 3 hari kemudian ternyata pop up yang tampil sekarang berubah dan menjadi lebih mengerikan. Ini tampilannya :


What?? Tidak ada pilihan untuk tekan RESUME dan yang lebih merisaukan adalah, Contact the service center. Alamak, bisa panjang dan lama penyelesaian masalah ini.

Di tengah pemikiran untuk membeli printer baru, dengan ragu ragu, kucari permasalahan ini ke Google, dan dari beberapa solusi yang ditawarkan, saya memilih tip dan trik dari rekan kita
khabibkhan, dan tip yang diberikannya di blog tersebut kuinterprestasikan sebagai berikut :

1) Download file utility printernya yang telah tersedia disini. (link asli dari blog ybs)

2) Cabut kabel power printer (bisa diakali dengan mencabut kabel power di belakang printer . Kemudian tahan tombol power, sambil pasang kabel power ke arus listrik, tekan tombol resume satu kali (tombol powernya masih tetap ditekan) baru lepas tombol powernya, sampai proses ini printer akan normal, sudah bisa digunakan.

3) Buka program yang sudah kita download dan ikuti langkah berikut dengan memperhatikan bagian mana yang diilustrasikan seperti gambar berikut :


Setelah program dijalankan, pilih usb portnya, kemudian klik Device id. Kemudian di menu clear waste ink counter Pilih main, lalu platen, selanjutnya centang cleaning dan eeprom counter dan terakhir pilih test pattern1. Setelah hasil tes print selesai dan sesuai harapan, matikan printernya terlebih dahulu dan kemudian nyalakan lagi. Itulah yang kulakukan, dan printerpun sekarang sudah bisa melakukan tugasnya seperti sebelumnya. Terima kasih. Semoga bermanfaat.


2 komentar:

Dedy Siswanto mengatakan...

Thanks banget gan...^^

Dedy Siswanto mengatakan...

Thanks banget gan ^^