Sabtu, 02 Mei 2009

Mengapa Harus Takut untuk Memulai??

Takut adalah suatu rasa yang selalu ada dalam hati manusia. Takut karena menghadapi ketidakpastian, takut dengan kegagalan, takut pada hal yang pertama, takut dengan penolakan, takut bila tidak diterima, dan tentu saja takut yang atau phobia terhadap sesuatu, seperti ketinggian dan juga dengan hantu.

Kita pun secara alami pernah mengalami kondisi ini. Tentu dengan intensitas yang berbeda.

Karena saat ini kita berada di internet, mengapa kita tidak membahas tentang pemanfaatan internet untuk mencari uang. Lho.. hubungannya dengan ketakutan itu apa? Mari kita bahas bersama. Tentu ini menjadi suatu kajian yang menarik.

Ketika kita di internet, tentu menghadapi suatu dunia yang lebih berwarna dan lebih sulit untuk diterka. Ada banyak hal yang bertolak belakang di sini. Banyak hal yang baik dan banyak juga yang buruk, banyak hal yang bermanfaat serta yang tidak berguna, banyak yang membangun, tapi banyak yang mencela, banyak situs yang sopan, dan yang seronok dan tanpa sensor pun lebih dari itu, banyak situs yang objektif dan bisa dipercaya, tapi banyak juga situs penebas gosip dan pemfitnah. Semuanya ada, lengkap.

Mengapa kita tidak memulai untuk memanfaatkan waktu kita untuk mencari uang lewat internet? Ooops. Ya, tentu banyak yang skeptis dengan hal ini. Mereka cenderung takut dan tidak percaya, karena apa yang kita dengar di bisnis ini adalah penghasilan yang tidak terbatas. Mereka takut ditipu dan menganggap semua yang dilakukan itu tidak nyata, dan hanya berlaku di negara besar saja.

Sebenarnya mengikuti rasa takut itu bukan sesuatu yang bagus untuk diikuti. Selama kita ada di jalur internet, dan dalam satu bulan itu bisa beberapa kali surfing, rasanya sayang untuk tidak memanfaatkan bermacam peluang mendapatkan uang di internet.
Ada beberapa anjuran untuk memulai mencari uang di internet. Cara yang umum dan sering diikuti oleh orang awam dan tidak memerlukan keahlian yang banyak adalah PTC (paid to click), ya... hanya dengan melihat iklan kita dibayar. Tapi kita harus tekun dan rutin untuk melakukan hal yang sepele ini. Hm, apakah ini dibayar, tentu saja. Sepanjang situs itu punya track record yang baik, ia akan membayar. Sebaiknya sebelum daftar baca dulu TOS dan ketentuan lainnya, seperti payout, media pembayaran dan lain-lain. Kalau belum ada paypal atau alertpay, untuk sementara ngak apa kok diisi alamat e-mail, nanti juga kita akan buat.. Yang penting cobalah dulu. Untuk langkah awal bagi pemula, bisa bergabung dengan mengklik banner PTC di atas. Disini untuk pembayaran pertama tidak ada minimum, jadi langsung masuk ke Paypal blogger

Anjuran ke dua, bila kita suka situs pertemanan seperti ikut Friendster atau Facebook, ada baiknya ikut social networking yang ada. Ada beberapa site yang membayar member aktifnya, antara lain Platinum Lounge, Yuwie, Friendsgear, dan banyak lagi. Penulis sendiri mendapatkan hasil pertama di internet lewat Platinum Lounge. Dari sini, singkirkan rasa takut, coba, dan ikuti aturan yang ada, insya allah kita akan mendapatkan pelajaran.

Bila kita mempunyai blog, itu malah lebih berpeluang lagi untuk memaksimalkan penghasilan kita. Tapi, itu tidak semudah yang diungkapkan. Kita perlu networking dan bersosialisasi dengan blogger lain. Bila indikator hasil itu adalah klik iklan (adsense, bidvertiser, adcamp dan lain-lain) mengapa tidak kita tidak bergotong royong untuk saling mengklik iklan satu sama lain. Tentu ini adalah suatu hal yang sangat menguntungkan.

Rasanya semua anjuran itu basicnya adalah FREE alias GRATIS 100 %. Apakah Blogger masih takut untuk mencoba?

Sebagai kesimpulan :
Takut, kalau perasaan itu diteruskan tentu kita tidak akan maju dan tersugesti bahwa hal tersebut benar adanya. Banyak pendapat dan pengalaman orang di internet. Banyak tips yang dibagi, mengapa tidak dicoba. Resiko yang dihadapi adalah minimal, kamu tidak akan kehilangan apa-apa selagi itu gratis, hanya waktu dan lamanya kita surfing yang terbuang. Tapi yang blogger dapat adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Dan bisa menjadi pembelajaran bagi blogger tentang titik awal blogger mencari uang di internet. Tapi paling bagus adalah hasil yang kita dapat, dan pengalaman.
So, mengapa harus takut untuk memulai?

3 komentar:

iretnowahyuni.blogspot.com mengatakan...

kalo ada ketakutan untuk memulai pasti ada ketakutan untuk mengakhiri dunk...he...he..he..

iretnowahyuni.blogspot.com mengatakan...

lanjut...komen yg pertama...nih takut mulai kan???kayak mau mulai....makan pempek,tekwan, model...takut mulainya...karena takut berhenti.....wua ..ha...ha...aq maruk ya....ho..ho..ho

dendy mengatakan...

iya... memang selalu ada ketakutan... takut ketagihan, hahaha...

apalagi kalo pertama kali ditraktir, wah.. itu paling males nolaknya, karena pasti nagih... pengalaman dulu sih waktu naik biskota, selalu dibayarin, pertama sih nolak, karena takut dikira ngak mampu bayar, eh taunya sekarang malah takut kalo ngak dibayarin, hehehe..